Navigation Menu

Kemolekan Pantai Madura

(https://fun-adventure.com)

Madura adalah sebuah pulau yang ada di Jawa Timur ini menyimpan beberapa pantai yang sangat indah patut untuk dikunnjungi. Untuk bisa sampai kepulau ini yaitu dengan alat transportasi laut, udara, serta darat yang melintasi jembatan suramadu.

Madura yang dikenal dengan karapan sapinya itu ternyata menyimpan berbagai wisata yang indah salah satunya adalah wisata pantai. Memang Indonesia memiliki berbagai pantai yang indah dan tak hanya Bali saja namun pantai yang ada di Madura tak kalah indah.

Gili Labak

Gili Labak ((https://adventindo.blogspot.co.id))

Gili Labak salah satu pulau terkecil di antara 127 pulau lain di Kabupaten Sumenep, Madura. Secara administratif, Gili Labak masuk wilayah Kecamatan Pulau Talango meski secara geografis letaknya lebih dekat dengan Pulau Gili Genting.

Luas Gili Labak tak lebih dari 5 hektare. Pulau ini bisa dikelilingi dengan berjalan kaki dalam waktu tak sampai setengah jam, sangat cocok untuk snorkeling dan diving.

Aksesbilitas

Ada dua cara mencapai Gili Labak. Pertama lewat Pelabuhan Kalianget, letaknya sekitar 5 kilometer ujung timur Kota Sumenep. Kedua lewat Pelabuhan Tanjung di Kecamatan Saronggi. Pelabuhan Tanjung terletak 2 kilometer sebelum Kota Sumenep. Rute paling gampang menuju Desa Tanjung lewat pertigaan Pasar Saronggi. Bila dari arah Surabaya kendaraan belok ke kanan.

Pantai Toroan dan Air Terjun

Air Terjun dan Pantai Toroan (https://www.tabloidwisata.com)

 Pantai Toroan yang berada di Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang. Jarak tempat wisata ini sekitar 105 km dari Kota Surabaya, dan 4 km dari pusat kota Sampang.

Aksesbilitas

Air Terjun dan Pantai Toroan (http://www.wisatajatim.info)

Akses jalan menuju Air Terjun Toroan cukup mudah karena disana terdapat angkutan umum yang beroperasi menuju lokasi. Ada dua jalan alternatif yang dapat di tempuh ketika berangkat dari Surabaya.

Alternatif pertama yaitu melewati jalan tol Suramadu yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura. Alternatif kedua yaitu menyeberang menggunakan Kapal Ferry melalui pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Sesampainya di Desa Ketapang, setiap pengunjung harus berjalan kaki sejauh 50 meter menuju lokasi air terjun Toroan. Disini pengunjung harus sangat berhati hati mengingat jalan menuju ke lokasi agak sedikit curam.

0 komentar: